Laman

Rabu, 21 April 2010

Oseng-Oseng Mercon

Sudah lama saya penasaran sama makanan ”nyeleneh” yang satu ini, judulnya aja udah provokatif banget ”Oseng-oseng Mercon”, lah petasan kok di oseng-oseng, emangnya kita pemain debus apa hehehehehe. Menurut kabar-kabur, Warung Oseng-oseng mercon yang paling ngetop ada di Jl. Ahmad Dahlan, Warung Bu Narti tepatnya yang buka mulai setelah maghrib sampai larut malam, jadilah malam itu kita dinner disitu.
awal mulanya, kawan saya yang habis berlibur dari jogja menyombongkan diri bahwa ia habis makan oseng-oseng mercon sama pacarnya. penasaran baget juga saya jadinya sama makanan ini.


tepatnya tanggal 1 april saya berlibur ke Jogja, saya menyempatkan diri untuk mencoba makanan ini, seenak apa siih? saya diajak oleh kawan saya menuju sebuah lesehan di Jl. Ahmad Dahlan, yaitu Warung Bu Narti.
Rupanya ini warung lesehan,4 porsi Oseng-oseng mercon, Ayam dan Puyuh Bakar untuk 4 orang. Saat pesanan datang, Oseng-oseng mercon ternyata berbentuk sepiring kecil sandung lamur yang di oseng dengan banyak sekali cabe rawit, keliatan warnanya begitu menakutkan pedesnya belum lagi biji cabe yang banyak banget bertebaran, wah mercon beneran nih di oseng bathin saya sambil mulai menyendok beberapa gelintir daging sandung lamur kedalam nasi putih.

Ga terlalu overpede memang kalau Bu Narti menamakan masakan ini oseng-oseng mercon, karena memang ledakan-ledakan pedas laksana letupan petasan banting yang saya rasakan di mulut, puedes abis. jadi waktu saya makan, saya kira itu daging taunya saya nyeletus cabe, wah kaget bener deh.. pedes nya minta ampun. Untungnya mesen ayam bakar yang ternyata berbumbu bacem yang manis legit, jadilah suapan nasi putih, irisan timun dan cuwilan ayam bakar jadi pemadam di mulut saya. Tapi sesuai dengan peribahasa ”kapok Lombok” bukannya berhenti saya malah makin semangat ngabisin oseng2 mercon itu walau harus dibantu dengan 2 gelas es teh manis. hehehe.

Bu Narti (46) mengaku bahwa ibunda beliau yang sebeneranya menciptakan menu ini sekitar tahun 1940, waktu itu namanya belum oseng-oseng mercon. Belakangan dia menamakan osengan sandung lamur pedas ini oseng-oseng mercon, bahkan ada yang memberi julukan lain seperti oseng2 halilintar atau dinamit. Isi dari oseng2 mercon ini adalah potongan daging sandung lamur dan otot lalu dikasih rempah dan tentunya cabe yang banyak banget, untuk setiap 40 Kg Daging cabenya wehhhh 10% alias 4 KG cabe Rawit, kapok lombokkkkk bos.

kalian patut nyoba deh. heeee ...

1 komentar:

  1. owh jadi isinya sandung lemur y..?? pengen nyoba juga ihh

    BalasHapus